Ini Dia Daftar Ras Ayam Asli Indonesia

Di dunia terdapat ratusan ras atau galur dari ayam (Gallus Gallus Domesticus). Tetapi taukah anda jenis-jenis ras ayam yang berasal asli dari Indonesia?

Berikut ini adalah daftar ras ayam asli Indonesia yang sudah terdaftar dan diakui dunia Internasional.

1. Ayam Bekisar

Ayam Bekisar adalah ayam asli Indonesia yang merupakan hasil persilangan dari ayam hutan hijau jantan dengan ayamg kampung betina. Karena memiliki indukan ayam hutan hijau, tak heran ayam ini memiliki ukuran badan yang lebih kecil dibandingkan dengan ayam kampung jantan biasanya.

foto ayam bekisar

Ciri khas dari ayam ini adalah warna bulu pada Jantan yang cukup menarik dengan warna hitam kehijauan dan mengkilap. Ayam ini juga dikenal memiliki suara yang halus dan khas sehingga digemari sebagai ayam hobi dan di lombakan kualitas suaranya.

Ayam ini awalnya ditemukan di daerah Kangean, sebuah pulau kecil di Timur pulau Madura, masih masuk kedalam wilayah Kabupaten Sumenep. Tetapi ayam bekisar ini juga ditemukan di berbagai daerah di Jawa Timur. Oleh karena itu Ayam Bekisar dijadikan sebagai maskot atau fauna identitas dari Provinsi Jawa Timur.

2. Ayam Ketawa

Berikutnya Indonesia memiliki salah satu jenis ras ayam yang cukup unik yaitu Ayam Ketawa. Kenapa dinamakan ayam ketawa? karena ayam ini memiliki cirikhas bunyi kokok yang cukup keras dan pada akhir kokokan terdengar seperti bunyi tertawa manusia.

foto ayam ketawa

Ayam ini berasal dari daerah kabupaten Sindrap di Sulawesi Selatan. Ayam ini disana dikenal juga dengan nama Manugaga atau Ayam jantan dari Timur.  Pada awalnya jenis ayam ini hanya dipelihara dan di kembang biakkan oleh para bangsawan Bugis sebagai simbol status sosial.

Secara fisik ayam ini sangat mirip seperti ayam kampung pada umumnya, mulai dari gerak gerik, bentuk dan ukuran tubuh serta warna bulu persis menyerupai ayam kampung. Tetapi perbedaanya adalah ayam ini sudah bisa berkokok semenjak berusia tiga bulan.

3. Ayam Nunukan

Ayam Nunukan merupakan salah satu ras ayam khas Indonesia yang berasal dari daerah Nunukan dan Tarakan, Kalimantan Timur. Ayam ini memiriki ciri-ciri fisik yang seragam, yaitu bulu utama sayap dan ekor tidak berkembang atau lambat berkembang sehingga tampak tidak berekor.

foto ayam nunukan

Selain itu ayam ini memiliki ciri warna bulu dominan coklat kemerahan dengan bagian ujung hitam serta warna sisik kaki kuning atau putih. Ayam ini juga dikenal memiliki kemampuan adaptasi yang baik pada keterbatasan lingkungan.

Ayam Nunukan ini paling banyak diambil dagingnya dan telurnya karena produksi telur rata-rata lebih tinggi dibandingkan ayam kampung pada umumnya.

4. Ayam Sumatra

Selanjutnya terdapat ayam sumatra/black sumatra. Ayam ini merupakan ras ayam kampung Indonesia yang berasal dari Sumatra Barat. Ayam ini memiliki ciri khas badan tegap, tubuh kecil tetapi padat. Ayam jantan memiliki ciri kepala kecil tetapi tengkorak lebar serta bentuk parauh yang pendek dan kokoh berwarna hitam.

foto ayam sumatra

Pada awalnya ayam ini diekspor ke Amerika Serikat, Jerman dan Inggris sebagai ayam sabung untuk tujuan hiburan, tetapi sekarang lebih dikategorikan sebagai ayam hias atau pedaging. Ayam ini juga memiliki bentuk yang cukup indah dimana bulu ekornya cukup panjang bahkan bisa sampai turun ketanah.

5. Ayam Kedu/Cemani

Ras selanjutnya yang cukup menarik untuk dibahas adalah ayam kedu atau cemani. Ayam yang terkenal dengan warna hitamnya ini merupakan salah satu ayam yang memiliki harga jual mahal karena biasanya digunakan sebagai hewan ritual. Jenis ayam ini bahkan sampai di export keluar negri karena keunikannya.

foto ayam kedu cemani

Berasal dari daerah Kedu, tepatnya di Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Temanggung. Ayam ini dikenal memiliki bulu, kulit, daging sampai kaki nya berwarna hitam pekat, tetapi sebenarnya ada juga yang berwarna seperti ayam biasanya, hanya saja warna bulunya hitam keseluruhan. Ayam ini memiliki perawakan sedang, bulu naik, jengger berukuran besar serta warna mata coklat gelap.

Karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi, ayam kedu ini kadang dipalsukan oleh penjual-penjual nakal mulai diberi pewarna serta metode-metode lainnya.

6. Ayam Pelung

Ayam Pelung merupakan ras ayam Indonesia yang asalmulanya dari daerah Ciancur, Jawa Barat. Berbeda dengan ayam lainnya, ayam ini lebih disukai dari suara kokokannya yang panjang dibandingkan dengan tampilan fisiknya.

ayam pelung

Mirip seperti ayam ketawa, atau ayam bekisar, ayam ini memiliki nada kokokan yang unik, tetapi bedanya adalah fisik ayam pelung lebih besar dibandingkan kedua ayam sebelumnya. Ayam ini sudah sangat terkenal menjadi salah satu yang paling banyak dilombakan di Indonesia karena suara kokokannya.

7. Ayam Bali

Ayam Bali merupakan salah satu ras ayam lokal Indonesia yang cukup unik dan menarik. Ayam ini memiliki ciri khas kebotakan dibagian leher, dada, dan juga kepala, walaupun kadang dibagian kepala dan dada masih ada sedikit bulu yang tumbuh.

foto ayam bali

Jika dilihat sekilas, memang ayam bali ini mirip sekali seperti ayam Saigon, tetapi berbedaanya adalah pada tulangannya. Ayam Saigon memiliki tulangan yang lebih tebal serta ukuran tubuh yang lebih besar. Ayam ini biasa digunakan sebagai ayam sabung di daerah asalnya Bali.


Sebenarnya masih  ada beberapa galur atau ras lokal lainnya di Indonesia tetapi yang menjadi masalah adalah beberapa ras ayam tersebut merupakan hasil persilangan atau perkembangan dari ras-ras ayam yang sudah dibahas sebelumnya. Contohnya seperti ayam Ciparage, Kukuak Balengek, Bangkalan, Ayam Ayunai dan masih banyak lagi.

Yah memang negara kita yang terbilang cukup luas dan memiliki berbagai perbedaan di faktor alamnya membuat tidak jarang terdapat jenis-jenis hewan yang eksotis termasuk ayam, yang jelas tentunya kita harus bangga terhadap ayam lokal dan ikut serta melestarikan dan menyebarkan varietas ayam ini hingga ke manca negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *