Mencari Indukan Ayam Jago Yang Berkualitas dan Juara

Mencari Indukan ayam aduan yang berkualitas dan unggulan tentunya merupakan tahapan paling dasar dan juga paling penting dalam proses breeding.

Berbagai galur ayam saat ini sudah banyak bercampur aduk, dan agak susah membedakan galur asli dari ayam jika membelinya secara asal-asalan.

Belum lagi jika anda seorang pemula dalam breeding, tentunya anda harus memiliki bekal pengetahuan dasar mengenai pemilihan ayam indukan yang berkualitas.

Tetapi anda tidak usah khawatir, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara-cara mencari Indukan ayam jago yang berkualitas dan juara dengan mudah.

Cara Cara Mencari Indukan Ayam Jago yang Berkualitas dengan Mudah

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kami berikan berdasarkan beberapa pengalaman dan hasil sharing beberapa teman spesialis breeding ayam jago.

1. Mencari Supplier Ayam yang Terpercaya

Saat ini di Indonesia sudah banyak peternak-peternak ayam, khususnya ayam aduan. Tetapi untuk mencari supplier yang terpercaya cukup sulit. Kadang penjual tidak jujur dalam menjual ayam khususnya Indukan.

supplier ayam

Pengalaman saya sebagai penulis pernah beberapa kali tertipu mengenai galur dari ayam yang saya beli, waktu itu niatan membeli ayam Pahkoy Indukan yang masih terbilang hasil Indukan bagus dan belum pernah di adu.

Usut-punya usut ternyata ayam tersebut merupakan silangan dari ayam Pakhoy dengan ayam Thailand yang baru saya ketahui dari seorang teman yang pernah tertipu juga.

Oleh Sebab itu saya menyarankan anda untuk mencari supplier yang sudah terpercaya walaupun kadang ada yang beberapa harganya lebih mahal. Tetapi kualitas ayam yang anda dapatkan bisa di jamin dan uang anda menjadi tidak sia-sia.

2. Membeli Ayam Jago yang Belum pernah Di Adu

Saran kami berikutnya adalah agar anda mencari ayam jago yang belum pernah di adu. Loh kok belum pernah di adu? karena dengan begitu anda memiliki kebebasan untuk melatih ayam tersebut dan menghindari cacat pasca bertarung.

ayam jago muda

Untuk itu maka Indukan ayam Jagonya jangan ambil yang umurnya tua, tetapi ambil yang muda. Anda kemudian tinggal melatih ayam tersebut dengan mengabar dan mengadunya ketika anda rasa ayam tersebut sudah siap.

Tentunya untuk saran ini terserah anda, karena memang prosesnya lebih lama dan makan waktu karena anda harus melatih lagi ayam tersebut dan membawanya ke kalangan untuk diadu. Tetapi niscaya hasilnya lebih baik dari pada anda membeli ayam indukan yang sudah pernah diadu dan kalah ataupun cacat.

Tetapi balik lagi pada saran pertama, jika anda sudah mendapatkan supplier yang bagus dan terpercaya. Anda juga bisa membeli langsung ayam yang siap biak walaupun harganya relatif mahal.

3. Memperhatikan Ciri-Ciri Fisik dari Ayam Indukan baik Jantan maupun Betina

Ayam jantan yang berkualitas memiliki ciri-ciri sebagai berikut: bentuk kepala berbentuk seperti buah pinang, badan tegap dan memanjang, badan kekar berisi, tulangan yang besar dan kasar, sayap rapat kebadan dan paruh yang melengkung seperi burung elang.

ciri fisik ayam aduan juara

Sedangkan Ayam betina (babon) yang berkualitas memiliki ciri-ciri: bentuk kepala jika dilihat dari arah depan seperti bentuk ular, badan yang rapat dan membentuk seperti buah pinang, jari kaki yang halus tapi runcing, sudah keluar tajinya dan tidak pernah sakit.

Dengan menggunakan ciri-ciri fisik diatas tentunya akan membuat anda bisa mendapatkan Indukan yang bagus secara fisik dan tentunya berkualitas dan bisa memberikan bibit-bibit ayam aduan yang berkualitas pula.

4. Memiliki Bayangan Mengenai Galur Ayam Apakah yang Mau Dikembangkan

Pada tahapan ini sebenarnya sudah termasuk tahapan ahli atau orang-orang yang sudah berpengalaman dalam breeding khususnya ayam jago. Berbagai galur ayam jika disilangkan bisa menghasilkan galur yang berkualitas.

Tetapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi sebaliknya. Oleh sebab itu pengetahuan mengenai galur-galur ayam harus anda ketahui. Setiap galur ayam memiliki berbagai kelebihan dan tentunya kekurangan, tetapi jika anda mengetahui cara menyilangkan galur yang baik, maka kekurangan bisa diminimalisir bahkan dihilangkan.

Beberapa ayam aduan yang cukup terkenal seperti Ayam Pakhoy, Lemon 84 dan beberapa galur ayam merupakan salah satu contoh hasil penyilangan yang berhasil dan berkualitas. Walaupun hal tersebut bukanlah hal singkat yang bisa didapatkan dengan mudah.


Itulah tadi beberapa tips cara-cara mencari Indukan ayam jago yang berkualitas dan juara dengan mudah yang bisa kami bagikan untuk anda. Selebihnya semua adalah pengalaman dan niat untuk mencoba.

Jika anda berhasil bahkan anda bisa menjadikan ini menjadi lahan bisnis dan menjual bibit ayam unggulan anda tersebut (bahkan kami juga berminat) hehe.

Semoga artikel ini memberikan anda tambahan pengetahuan dan membantu memudahkan anda yang berniat untuk breeding ayam jago yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *