Apakah Kerapatan Supit dan Ukuran Brutu Berpengaruh Terhadap Kualitas?

Apakah Kerapatan Supit dan Ukuran Brutu Berpengaruh Terhadap Kualitas?

Sebagai botoh pemula atau belum memiliki banyak pengalaman pasti banyak yang bertanya apakah kerapatan supit dan besar kecilnya brutu mempengaruhi bagus atau tidaknya kualitas seekor ayam jago.

Sebagai penjelasan, supit merupakan dua ruas tulanganan pada ayam yang berada pada bagian bawah ekor. Sedangkan Brutu merupakan bagian ekor pada ayam yang sebagian besar berisi lemak dan merupakan tempat tumbuhnya bulu pada ekor ayam.

contoh tulangan pada ayam supit dan brutu

Supit Rapat?

Pertanyaannya adalah kerapatan supit, kerapatan supit adalah posisi dimana tulang supit pada ayam tidak longgar dengan otot-otot disekitarnya. Biasanya ini merupakan salah satu acuan dari para botoh untuk mencari dan membeli ayam aduan yang bagus. Cara mengetahuinya biasanya adalah dengan memegang dan menekan daerah tulangan pada supit. Jika supit tebal dan keras, tandanya bagus, sebaliknya jika supit kecil dan renggang dianggap tidak bagus.

Sebenarnya teknik pengecekan ini sudah benar, kenapa? karena pada dasarnya supit yang tebal dan keras menggambarkan bahwa kondisi tulangan ayam kokoh dan memungkinkan otot-otot pada daerah tersebut menempel dan tumbuh dengan baik. Ayam dengan Supit yang rapat ini biasanya memiliki power yang lebih baik dibandingkan dengan ayam yang supitnya renggang.

Tetapi kerapatan supit ini belum dibuktikan mampu memberikan pukulan yang cepat pada ayam. Jadi jika ada ayam yang pukulannya cepat, belum tentu hal tersebut karena supitnya rapat. Diketahui juga bahwa ayam dengan supit yang renggang memiliki stamina yang lebih besar dibandingkan ayam bersupit rapat. Hal tersebut dikarenakan supit yang renggang memungkinkan adanya rongga atau ruang yang lebih luas untuk organ-organ tubuh mengembang pada ayam saat bernafas dan pemulihan.

Besar Kecil Brutu?

Sedangkan Untuk Brutu, bagian ini adalah tempat untuk tumbuhnya bulu ekor pada ayam. Secara proporsi dan karakteristik bentuk tubuh ayam, diketahui bagian ini merupakan bagian yang menjadi salah satu penentu gesit atau tidaknya seekor ayam. Bulu ekor merupakan bagian yang menjaga keseimbangan, dimana jika brutunya besar dan rapat ke badan memungkinkan ayam untuk bisa lebih cepat bergerak dan mengendalikan keseimbangan.

Untuk mengetahui apakah brutu ayam besar atau kecil cukup mudah, anda tinggal geser saja bulu pada bagian ekor ayam dan mengecek dan memegang brutu tersebut jika ukurannya besar dan kaku, maka dipastikan ayam tersebut cukup bagus.

Walaupun begitu, beberapa jenis ayam seperti Saigon dan BK patokan-patokan ini dianggap tidak relevan karena ayam-ayam tersebut memiliki teknik yang berbeda ketika bertanding.

Jadi menurut saya patokan ini masih relevan hanya saja tergantung juga dari galur atau katurangan dari ayam tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *