Jenis-Jenis Sisik Ayam Bangkok Yang Bagus dan Paling Dicari

Jenis-Jenis Sisik Ayam Bangkok Yang Bagus dan Paling Dicari

Sisik pada ayam bangkok dipercaya memiliki tuah dan merupakan salah satu dari ciri spesial dari ayam tersebut. Diketahui juga bahwa sisik pada ayam mencerminkan cirikhas gaya bertarung dari ayam dan bagaimana efek pukulan ayam tersebut jika mengenai ayam lawan.

Sabung ayam merupakan sebuah kebiasaan yang sudah ada sejak dahulu kala. Pemilik ayam biasa mencari ayam-ayam yang berkualitas juara untuk diadu di kalangan. Berbagai hal dipertaruhkan mulai dari uang, barang ataupun harga diri dari pemiliknya.

Salah satu kriteria yang menjadi tolak ukur seorang botoh dalam memilih ayam yang akan digunakan di arena sabung adalah sisik ayam tersebut. Memang jika kita amati secara lebih mendalam, setiap ayam memiliki sisik pada kaki yang berbeda-beda dan merupakan genetik spesial yang hanya ada pada ayam saja.

Menurut berbagai sumber yaitu para botoh yang sudah tahunan menekuni bidang peternakan ayam aduan juga melakoni sabung ayam, diketahui ada beberapa Jenis sisik ayam khususnya pada Ayam Bangkok yang sangat bagus dan paling dicari di Indonesia sampai manca negara. Beberapa jenis sisik tersebut diantaranya adalah:

1. Naga Mangsa

Sudah tidak asing lagi, jenis ayam bersisik naga mangsa merupakan salah satu primadona di kalangan botoh. Cirikhas dari sisik Naga mangsa ini memiliki ubed yang tepat sejajar dengan taji/jalu dari ayam tersebut.

sisik naga mangsa

Keistimewaan dari ayam yang memiliki sisik naga mangsa adalah:

  • Daya pukul yang sangat keras disertai sabetan super
  • Dengan mudah mampu membutakan mata dari ayam lawa saat bertarung, bahkan merusak saraf-saraf yang bisa membuat ayam lawan menjadi cacat permanen.
  • Ayam yang memiliki jenis sisik ini selalu memiliki aura kuat yang bahkan membuat takut ayam lawan sebelum bertanding.

2. Batu Rantai

Sisik batu rantai tidak kalah hebatnya. Ayam yang kakinya memiliki sisik ini juga istimewa bahkan mengandung berbagai mitos didalamnya. Ciri-cirinya adalah sisik ayam tersebut sangat mirip seperti liuk sisik buaya.

sisik batu rantai

Keistimewaan dari ayam yang memiliki sisik batu rantai adalah:

  • Jika lawan terkena pukulan, maka tenaga dari lawan tersebut akan cepat terkuras.
  • Pukulan ayam disebut sangat pedas dan membuat lawan yang terkena luka akan kepanasan dan nyeri dibagian luka tersebut.
  • Ayam yang memiliki jenis sisik ini diketahui dapat pulih staminannya seketika jika terkena air
  • Keseimbangan dan pergerakan yang dimiliki sangat baik dan gesit.

3. Gambir

Tidak hanya pohon atau jalan saja, sisik ayam juga memiliki nama gambir. Ayam yang memiliki sisik ini ciri-cirinya adalah adanya corak kemerahan dan coklat pada sisik utama dari ayam tersebut.

sisik gambir

Keistimewaan dari ayam yang memiliki sisik gambir adalah:

  • Pukulan ayam lebih keras 2x lipat dibandingkan ayam lainnya
  • Mampu mengincar posisi-posisi kelemahan dari lawannya
  • Ayam memiliki mental super dan pantang takut
  • Kuda-kuda yang kuat saat melakukan penyerangan

4. Naga Temurun
Berikutnya adalah sisik ayam naga temurun. Konon dikatakan bahwa sisik ini paling dicari oleh para penghobi adu ayam. Alasannya karena sisik ini disebut juga sebagai sisik naga dan memiliki ciri khas yaitu sisik ayam pada bagian baris sisik belakang melengkung kebawah sehingga terlihat sisik seperti berbalik arah keatas.

sisik naga temurun

Keistimewaan dari ayam yang memiliki sisik naga temurun adalah:

  • Kekuatan pukulan paling keras/jero
  • Mampu mengalahkan lawan dalam hitungan menit
  • Pukulan akurat dan pandai menjaga keseimbangan
  • Ayam memiliki kekuatan stamina dan mental super ketika beradu.

5. Satriya Sinekti

Terakhir jenis yang paling terkenal dan bagus adalah sisik satriya sinekti. Diketahui bahwa ayam yang memiliki jenis dengan sisik ini sangat jarang karena ciri-cirinya adalah sisik yang hampir tidak terlihat dan menyatu dengan kaki dari ayam tersebut secara keseluruhan.

sisik satria sinekti

Keistimewaan dari ayam yang memiliki sisik satriya sinekti adalah:

  • Pergerakan dari ayam lincah dan cepat
  • Mampu dengan mudah menghindari pukulan dari ayam lawan
  • Pukulan cepat tetapi tidak terlalu keras
  • Pukulan yang diberikan pasti masuk

Itulah tadi beberapa Jenis sisik ayam bangkok yang bagus dan paling dicari diantara yang lainya. Memang masih banyak lagi jenis sisik dari ayam bangkok yang ada seperti naga emas, naga banda, putri kinirung dan lain sebagainya tetapi kita tidak bahas dan hanya membahas yang terbaik saja.

Walaupun begit sisik hanyalah salah satu faktor yang belum tentu membuat ayam anda otomatis menjadi pemenang. Latihan yang teratur, katurangan ayam serta faktor-faktor lainnya juga menjadi penentu dari menang atau tidaknya ayam aduan di dalam arena.

Belum lagi ayam-ayam dengan jenis sisik tertentu memiliki rentan harga pasaran yang amat mahal dibandingkan dengan jenis lainnya. Jika anda mampu, silahkan mencari ayam dengan sisik terbaik, tetapi jika anda ingin melakukan hobi tanpa terlalu banyak keluar uang, anda bisa memilih ayam dengan sisik yang biasa-biasa saja, tetapi katurangan, latihan dan pemeliharaannya yang harus dibaguskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *