Pacek Ngak Mau Kawin, Gimana Cara Mengatasinya…

Pacek Ngak Mau Kawin, Gimana Cara Mengatasinya...

Teman-teman saya sesama botoh pernah bercerita katanya ayam paceknya ngak mau kawin, padahal udah di pasangin sama babonnya. Di coba dengan babon lain pun sama tetap tidak mau ngawin paceknya.

Layaknya lelaki yang tidak nafsu dengan kemulusan wanita, kadang kita pun kesal dengan perilaku ayam jago kita yang sudah cape-cape dirawat dengan tujuan utama ya jadi pacek agar dapat anakan yang berkualitas.

Sebenarnya terdapat beberapa alasan kenapa seekor pacek nafsu kawinnya tidak ada yaitu:

  • Sedang Ganti Bulu
  • Pacek terlalu gemuk
  • Sakit
  • Babonnya galak

Setelah anda mengetahui masalah pada pacek tersebut, selanjutnya tinggal melakukan penanggulangan.

Sedang Ganti Bulu
Jika ayam pacek sedang dalam masa ganti bulu, lebih baik pisahkan terlebih dahulu dengan babonannya, kemudian tunggu sampai proses ganti bulu pada ayam selesai. Jangan lupa berikan nutrisi dan pasokan yang bagus terhadap ayam tersebut, Setelah itu anda bisa menyatukan kembali pacek dengan babon yang ingin disilangkan.

Pacek Terlalu Gemuk
Jika pacek terlalu gemuk tinggal di buat lebih kering saja badannya dengan pemberikan sejumlah pelatihan dan pengurangan porsi makan secara perlahan. Jika kondisi badan pacek sudah optimal, pastinya birahi kawinnya akan kembali seperti biasa.

Sakit
Ayam yang sakit tentunya tidak akan bisa melakukan aktifitas seperti ayam normal. Berikan pengobatan dan penanggulangan terlebih dahulu pada ayam sampai pulih sepenuhnya. Pemberian vitamin disini juga sangat berperan penting untuk mengembalikan stamina ayam. Biasanya ayam yang sudah berani bertarung nafsu kawinnya juga ada.

Babonnya Galak
Jika babonnya terlalu galak, kemungkinan umur paceknya lebih muda dari babonnya atau paceknya letoy karena ngak bisa menjinakkan si babon yang bersangkutan. Untuk masalah ini sebaginya ganti dengan babon lain yang lebih jinak sambil menunggu si pacek makin matang dan bisa menjinakkan babon sebelumnya.

Setelah masalah diatas berhasil diatasi, anda bisa mensilangkan pacek anda dengan babon seperti biasa. Ada beberapa saran dari para botoh senior yaitu menggabungkan 2 pacek dengan 3 babon sekaligus saat di umbar. Dengan cara begitu kemungkinan pacek lebih bersemangat untuk mengawini babonnya karena terdapat persaingan juga dengan pacek yang lain. Tetapi jika anda ingin melakukan pemuliaan ras, ya bagusnya 1 pacek dengan 1 babon yang telah dipilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *