Pengaturan Kandang Yang Baik Untuk Memelihara Ayam Aduan

Pengaturan Kandang Yang Baik Untuk Memelihara Ayam Aduan

Kandang yang baik tentunya membuat ayam anda sehat dan bebas dari penyakit. Berikut ini adalah cara untuk mengatur kandang ayam yang baik dan benar untuk ayam aduan kesayangan anda.

Definisi Kandang Ayam Yang Baik

Kandang adalah suatu bentuk rumah atau bangunan untuk memelihara hewan peliharaan apapun jenisnya. Kandang dibuat sesuai dengan hewan yang akan ditaro didalamnya. Jika hewan tersebut bisa digabungkan, maka satu kandang bisa untuk banyak hewan sekaligus, tetapi jika tidak bisa digabungkan, biasa satu kandang hanya berisi satu hewan saja.

Kandang yang baik tentunya bertujuan untuk membuat hewan yang berada didalamnya nyaman, terhindar dari hujan atau panas matahari yang berlebihan. Kebersihan juga harus dijaga agar hewan terhindar dari virus atau bakteri penyakit yang berbahaya.

Umumnya kandang yang baik minimal memenuhi kriteria tidak sempit, terdapat sirkulasi udara yang baik, pembuangan kotoran yang bagus, tidak lembab dan terhindar dari hujan atau cahaya matahari langsung.

Pengaturan Kandang yang baik untuk Ayam Aduan

Kandang ayam aduan tentunya berbeda dengan kandang ayam petelur. Ayam aduan tentunya adalah ayam jago, sehingga ayam tidak bisa digabungkan dalam satu kandang.

1. Ukuran kandang yang Pas

Membuat kandang ayam aduan yang bagus sebenarnya bisa dengan space/ukuran yang tidak terlalu besar, bisa dibuat rapat-rapat, tetapi cukup dan tidak sempit.

contoh kandang ayam filipina

Ukuran kandang umumnya tergantung dari jenis ayam yang ingin dimasukkan, seperti pada gambar diatas anda bisa melihat ukuran kandang ayam aduan jenis hackfight Filipina.

2. Sirkulasi udara yang cukup dan tidak lembab

Sirkulasi pada kandang ayam aduan tentunya harus bagus, tidak boleh kurang. Ayam aduan umumnya memiliki pernafasan yang cukup besar sehingga jika anda membuat kandang terlalu tertutup maka alhasil ayam didalamnya akan lemas karena kekurangan oksigen.

Mengenai kelembaban tentunya adalah hal penting, ada baiknya jika anda membuat space luar untuk pakan dan minuman ayam sehingga tidak terjadi tumpahan air ataupun makanan yang lama kelamaan akan membuat kandang ayam menjadi lembab.

contoh tempat pakan ayam diluar

Seperti pada gambar di samping, tempat minum dan pakan ayam dipasangkan dibagian luar, dan pintu kandang dipotong seukuran kepala dari ayam agar bisa melongok keluar dan mengambil pakan atau minuman dari tempat yang dipasangkan tersebut.

Menggunakan cara ini sangat efektif agar tidak ada tetesan air atau pakan yang berhambur didalam kandang. Tetesan air dan pakan inilah yang bisa membuat kandang menjadi lembab dan menyebabkan ayam yang ada didalamnya rentan terkena bakteri atau virus yang muncul karena kandang dalam keadaan yang lembab.

3. Teduh tetapi terdapat penerangan

Posisi kandang ayam sebaiknya berada di tempat teduh, seperti di samping rumah yang terdapat genteng, atau dilindungi oleh pohon-pohon. Kenapa? karena agar kandang lebih awet, tidak terkena hujan secara langsung, dan tidak terkena terpaan angin langsung.

kandang yang teduh

Penerangan juga diperlukan pada kandang ayam anda. Minimal terdapat lampu yang menerangi kandang dengan tujuan ada hewan buas yang masuk kedalam kandang. Panas dari lampu juga bertujuan agar ayam tidak kedinginan pada saat malam hari, apalagi jika sedang musim hujan.


Itulah tadi beberapa tips untuk mengatur kandang ayam aduan yang baik dengan tujuan agar ayam anda jauh dari penyakit, dan tentunya aman dan nyaman. Mudah-mudahan artikel kali ini bermanfaat buat teman-teman yang berniat untuk membuat kandang ayam sendiri khususnya untuk ayam aduan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *