Tips Agar Babon yang Diumbar Bersamaan Tidak Berantem

Tips Agar Babon yang Diumbar Bersamaan Tidak Berantem

Babon dalam dunia ayam adalah istilah penyebutan untuk ayam calon Indukan betina. Walaupun betina, kadang babon juga memiliki naruli bertarung tidak kalah seperti halnya ayam Jago (pacek). Hal inilah yang menyebabkan kadang babonan yang diumbar bersamaan berantem walaupun sedang tidak menggiring anak.

Tips Agar Babon yang Diumbar Bersamaan Tidak Berantem

Pada artikel kali ini kita akan membahas seputar tips dan trik bagaimana gar babon tidak saling berantem ketika diumbar bersamaan.

  1. Pisahkan Babon yang sering berantem dalam lahan umbaran yang berbeda. Cara ini paling efektif karena Babon tidak akan saling tatap muka dan berantem hingga menyebabkan luka-luka yang tidak diingikan.
  2. Umbar secara bergantian. Cara ini hampir sama seperti cara sebelumnya tetapi lebih cocok digunakan bagi anda yang memiliki lahan terbatas. Umbar saja satu persatu Babon tersebut, saat babon yang satu di umbar, babon yang satu harus tetap di kandang.
  3. Bungkus Jalu kedua babon. Cara ini memang tidak langsung berhasil menghentikan kedua babon berantem, tetapi justru kita membiarkan babon berantem sampai ada yang kalah sehingga babon-babon tersebut akur dan tidak akan berantem lagi. Fungsi membungkus jalu agar tidak ada luka-luka serius yang terjadi pada kedua ayam tersebut.
  4. Gabungkan proses umbaran babon dengan pacek. Biasanya ketika diumbar bersama jika kedua babon memiliki 1 pacek, ketika kedua babon berantem, biasanya pacek juga ikutan nimbrung. Pacek berfungsi melerai agar ayam tidak berantem karena bakalan kena tabok sama paceknya.

Cara-cara diatas disesuaikan juga dengan kondisi dari babon yang anda miliki, Jika salah satu babon atau bahkan keduanya dalam masa giring anak, cara terbaik adalah agar diumbarnya tidak bersama-sama bahkan jangan digabungkan dengan pacek. Tetapi jika tidak sedang giring anak, cara-cara diatas bisa dilakukan sesuai dengan pilihan anda.

Kadang ada juga botoh yang tidak memperhatikan kondisi dari babon yang dipeliharanya, taunya buat jadi indukan saja, tetapi tentunya indukan yang berkualitas bagus juga akan memberikan hasil yang baik pula bukan? oleh sebab itu maka kami sangat menyarankan anda memperhatikan pacek maupun babon yang akan disilangkan tersebut agar mendapatkan anakan ayam berkualitas juara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *