Cara Menyembuhkan Ayam Leres Tidak (Turun Mental)

Cara Menyembuhkan Ayam Leres Tidak (Turun Mental)

Ayam leres adalah ayam jago yang turun Mental, ayam ini biasanya takut dengan ayam jago lainnya, bahkan bisa sama babonan aja kabur. Ayam leres ini biasanya bisa terjadi karena beberapa penyebab yaitu:

  1. Bawaan gen indukan yang juga leres
  2. Ayam sewaktu masih muda sering dipatuki atau dibuli oleh ayam lainnya
  3. Ayam sehabis kalah telak saat turun kalangan.

Untuk ayam yang sudah bawaan gen dari indukan yang juga leres, sepertinya sudah susah untuk diobati, karena ayam mewarisi sifat dari indukannya. Begitu juga untuk ayam yang sudah dari waktu muda sudah sering dipatuki atau dibuli oleh ayam lainnya. Ayam seperti ini memang masih mungkin untuk muncul keberaniannya, cuma hanya keberanian pada saat melihat ayam jago lainnya lengah, sedangkan jika melihat ayam jago yang sama-sama fit, biasanya tidak akan berani.

Oleh karena itu pada kali ini saya hanya akan membagikan tips untuk menyembuhkan Ayam Leres yang terjadi karena ayam tersebut habis kalah telak saat ditandingkan di kalangan.

Kadang para botoh dan pengadu ayam tidak melihat bagaimana kondisi ayam saat dilaga. Ada yang bahkan memaksakan ayam yang belum cukup umur atau kondisi fisiknya jadi untuk ditandingkan. Biasanya hal inilah yang membuat ayam menjadi leres. Saat di adu, ayam kalah mental atau kalah terkena banyak pukulan dari lawan sehingga mentalnya drop.

Untuk menyembuhkan ayam yang mentalnya drop ini, berikut ini adalah tahapan yang saya ketahui terbukti efektif:

  1. Gabungkan ayam leres tersebut dengan ayam betina saja, tujuannya adalah agar ayam tidak bertemu jago lainnya hingga mental nya kembali berani lagi. Biasanya ayam jago jika digabungkan dengan betina akan memunculkan kembali keberaniannya. Lama proses ini bisa berlangsung 2-4 minggu hingga ayam yang leres tadi kembali Berkokok dan mengawini betinanya.
  2. Mengumbar ayam leres dengan ayam lancuran. Teknik ini bertujuan agar ayam yang leres tidak turun nyalinya. Ayam jago yang dicampurkan biasanya akan langsung berantem, karena lancuran masih kecil dan belum muncul nyalinya, tentunya ayam leres yang akan mendominasi kumpulan tersebut.
  3. Kembali latih ayam dengan metode latihan yang biasa telah diberikan kepada ayam jago, mulai dari fisik, nafas, dan teknik.
  4. Jangan lupa berikan pakan cacing tanah agar meningkatkan kembali agresivitas ayam.
  5. Sisanya berikan multivitamin dan asupan gizi yang baik secara berkala.
  6. Ayam bisa coba di adu 1 air atau 2 air untuk melihat apakah ayam sudah kembali normal dan siap bertarung.
  7. Jika pada tahap 6 ayam masih leres. anda bisa mengulangi lagi dari tahap pertama. Jika 3 kali ulang masih leres, tandanya ayam siap untuk dipotong.

Itulah tadi sedikit pengetahuan yang saya miliki terkait dengan ayam leres, dan bagaimana cara menggembalikan mental dari ayam tersebut. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *