Mencegah Dan Mengobati Ayam yang Susah Buang Kotoran (Keras)

Mencegah Dan Mengobati Ayam yang Susah Buang Kotoran (Keras)

Tidak hanya manusia, ayam juga kadang memiliki masalah Bab, tidak hanya mencret atau kotoran cair, tetapi terkadang ada beberapa pemilik ayam yang mengeluhkan ayam susah bab karena kotorannya keras dan susah untuk di keluarkan.

Penyebab Kotoran Ayam Menjadi Keras

Penyebab kotoran ayam menjadi keras sebenarnya karena pola makannya yang lebih dominan memakan makanan yang rendah air serta rendahnya konsumsi air. Beberapa makanan yang menyebabkan kotoran ayam menjadi keras antara lain adalah:

  • Gabah
  • Jagung Kering
  • Gandum

Makanan diatas sangat rendah air karena bersifat kering karena dijemur saat diproses. Jika ayam anda banyak mencerna makanan tersebut tetapi tidak banyak minum air, maka kemungkinan besar akan mengalami terjadinya susah bab karena kotoran ayam keras dan susah keluar.

Mengetahui Ayam yang Susah Bab

Karena kotoran keras kemungkinan penjadi penyumbatan pada dubur ayam sehingga kotoran susah untuk keluar. Tentunya jika anda tidak tau ciri-cirinya pasti sekilas ayam nampak tidak terkena penyakit apa-apa, tetapi sebenarnya terdapat ciri-ciri pada ayam yang mengalami susah bab.

Ciri-ciri tersebut tampak jika ayam peliharaan anda sering berdiri diam dan terlihat lemas. Ayam yang pencernaannya lancar biasanya mengeluarkan kotoran saat berdiri dimana kotoran tersebut cukup hangat pada saat baru keluar.

Mengobati Dubur Ayam

Untuk mengatasi masalah penyakit ini, caranya sebenarnya sangat mudah. Pertama cek terlebih dahulu apakah ada kotoran yang menyumbat pada dubur ayam, caranya korek menggunakan jaring kelingking dubur ayam tersebut, periksa apakah ada kotoran keras yang menyumbat.

Cara tersebut perlu dilakukan agar memastikan penyakit yang terjadi pada ayam. Setelah itu siapkan alat spet atau selang, kemudian isi selang dengan air.  Selanjutnya semprotkan air ke dubur ayam tersebut secara perlahan sampai kotoran yang keras tersebut hancur dan keluar secara lancar.

Setelah diyakini kotoran yang menyumbat sudah keluar dan bersih, selanjutnya isikan alat spet atau selang sebelumnya dengan campuran air hangat dan betadine cair, kemudian semprotkan lagi ke dubur ayam agar bersih dan terhindar dari infeksi penyakit.

Kemudian beri minum ayam air hangat dengan cara di spetkan. Selama masa penyembuhan ini hindari pemberian makanan yang rendah kadar airnya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Anda juga bisa memberikan Vegeta yang sudah di larutkan dengan air lalu di spetkan pada mulut ayam. Minuman ini berfungsi agar pencernaan ayam sepenuhnya lancar karena kemungkinan masih ada kotoran di usus yang perlu di encerkan.

Itulah tadi cara mengobati penyakit kotoran keras pada ayam, mudah-mudahan membantu para botoh mania semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *